Skip to main content

CONTOH PROPOSAL LDK OSIS





 
PROPOSAL KEGIATAN
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

A.    Pendahuluan
        OSIS merupakan organisasi independen terbesar yang ada di lingkungan sekolah yang menjadi naungan bagi organisasi-organisasi lainnya yang berdiri di bawah pengawasan OSIS. Maju mundurnya OSIS tergantung pada kinerja kepengurusan dan kualitas kepemimpinan dari para pengurus OSIS yang merupakan siswa-siswi pilihan yang telah lolos seleksi dan dianggap layak serta mampu untuk mengelola OSIS selama 1 (satu) tahun Masa Bhakti.
         Pemilihan pengurus OSIS untuk setiap periode dilakukan melalui proses yang panjang dan dengan seleksi yang ketat untuk menghasilkan satu tim kerja yang solid dan dapat bertanggung jawab terhadap tugas yang diembannya. Salah satu program OSIS adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang didalamnya berisi tentang pendidikan dasar bagi seorang pemimipin agar dapat menjalankan organisasi dengan baik.
         Dan dalam rangka kepengurusan OSIS Masa Bhakti 2013-2014 maka kami selaku pengurus diharuskan mengadakan kegiatan LDKS sebagai salah satu program kerja OSIS.

B.   Maksud dan Tujuan
Maksud :
         Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan kepada seluruh pengurus osis sebagai bekal untuk menjadi seorang pemimpin untuk bangsa dan negara.
Tujuan :
1. Melatih Kepemimpinan Dasar Siswa di SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG
2. Mengajarkan siswa untuk dapat berorganisasi dengan baik.

C.   Dasar Pelaksanaan
1. Agenda tahunan sekolah
2. Program kerja OSIS Masa Bhakti 2013-2014
D.   Rencana Pelaksanaan
1. Waktu dan tempat :
Hari           : Senin - Rabu
Tanggal     :  26 – 28 Mei 2014
Waktu       : 14.00 WITA s/d Selesai
Tempat      : SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG
2. Nama Kegiatan
       Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)  
       SMA NEGERI 2 PANCA   RIJANG Tahun 2013-2014.
3. Bentuk Kegiatan
 Pelatihan kepemimpinan
4. Tema
Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan
5. Pelaksana dan Penanggung Jawab
a. Pelaksana :
·         Pengurus OSIS
b. Penanggung Jawab :
·         Kepala Sekolah
·         Wakasek Kesiswaan
·         Pembina OSIS
6. Sumber Dana
·         Dana Gratis


7. Lampiran-lampiran
1.     Rencana Anggaran Biaya
2.     Susunan Panitia
3.     Jadwal Kegiatan
4.     Daftar Hadir Panitia dan Peserta
5.     Tata Tertib

E.    Penutup
Demikian proposal ini kami susun dan diajukan dengan harapan mendapat bantuan dan dukungan dari Bapak baik materil maupun imateril. Kami selaku panitia akan berusaha menyelenggarakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya hingga mencapai hasil yang semaksimal mungkin. Dan semoga bantuan yang Bapak berikan dapat kami gunakan dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran serta diridhoi oleh Allah SWT, Amin.
Atas perhatian dan bantuannya kami haturkan terima kasih.
Pelaksana :
       Ketua                                                                                                                      Sekretaris


 Tanwir                                                                                                                  Astina Akkas
        6155                                                                                                                        5923
       Mengetahui :
       Kepala SMA Negeri 2 Panca Rijang


Drs. H. ABD. AZIS, M. Si
 Nip : 19591231 198503 1 159



Lampiran 1
RENCANA ANGGARAN BIAYA
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS)
TAHUN 2013-2014
1. Perlengkapan
a.    Spanduk ukuran 2 x 1                                                       :  Rp. 50.000,-
b.    Spidol 2 buah                                                                    :  Rp. 14.000,-
c.    Surat Menyurat                                                                  :  Rp. 20.000,-
d.    Transpor Pemateri                                                             :  Rp. 75.000,-
     2. Rincian dana Komsumsi
40 peserta x 10.000 x 4 kali makan                       : Rp. 1.600.000,-
          Komsumsi 1 pemateri 20.000 x 8 pemateri           : Rp.  200.000,- +
                                                                                       Rp. 1.959.000,-
Jumlah keseluruhan dari anggaran pengeluaran yaitu   = Rp. 1.959.000,-









Lampiran 2
SUSUNAN PANITIA
Penanggung Jawab                             :  Drs. H. Abd. Azis., M.Si
Wakasek Kesiswaan                           :  Sitti Rahkmah, S.Ag
Pembina Osis                                     :  Hamsiah Zainuddin, S.Pd
Ketua panitia                                     Tanwir
Wakil ketua panitia                            :  Nada Nahda
Sekertaris                                          Astina Akkas
Bendahara                                         Resky Wahyni
Seksi – seksi
     1.  Seksi Acara :
-      Nia Kurnia
-      Cahaya Mentari
     2.   Seksi Perlengkapan :
-      Muhammad Sarif
-      Mohd. Zadsan Asram
     3.  Seksi Komsumsi :
-      Jumriani
-      Jumriah
     4.  Seksi Lapangan :
-      Wahyudi Saputra A.M
-      Andis Sanjaya
     5.  Seksi Dokumentasi :
-      Ayu Ulfiah Azis
-      Huuriyah
     6.  Seksi Keamanan :
-      Sardi
-      Fachry Setyadi Samad




Lampiran 3
JADWAL KEGIATAN
LATIHAN DASAR KEPEMIMIPNAN(LDK)
OSIS SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG
                                                                                                                                                                                                        
No   No.
Hari/Tanggal
Waktu
Materi
Narasumber
Pendamping

1.

Senin
26 May 2014

14.00-15.00
15.00-15.30
15.30-15.45
15.45-17.00

Pembukaan
ISHOMA/KULTUM
Penyampaian Tata Tertib
Metode Persidangan

Kepala Sekolah
instruktur
M.O.T/Panitia
Nursin, SPd, M.Pd

Peserta/Panitia
Panitia
Peserta/Panitia
Panitia


2.

Selasa
27 May 2014

07.00-07.30
07.30-09.30
09.30-11.30
11.30-13.00
13.00-13.30
13.30-15.00
15.00-15.30
15.30-17.00



Peserta tiba dilokasi
Ketauhidan
Kepemimpinan
Keorganisasian
ISHOMA/KULTUM
Penyusunan Proposal
Istirahat
Peng. Diskusi




-
Uzt. Sudarma, SPdi
Bapak Kepala Dinas
Ari
Instruktur
Ismail Samade, S.Pd
Instruktur

Hasanuddin



Peserta/Panitia
Peserta
Peserta
Panitia/Peserta
Panitia/Peserta
Paserta
Peserta
Panitia

3.

Rabu
28 May 2014

14.00-15.30
15.30-16.00
16.00-17.30
17.30

Narkoba dan Hukum
ISHOMA/KULTUM
Retorika/Keprotkuleran
Penutupan

Kapolsek Panca Rijang
Instruktur
Rustam Efendi,SH.M.Pd
Instruktur

Peserta/Panitia
Peserta
Peserta
Panitia/Peserta









Lampira 4

DAFTAR HADIR PESERTA
LATIHAN DASAR KEPEMIMIPNAN
SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG
                                                                                                                                                                                                        
Hari,Tanggal  :
NO.
NAMA
Tanda Tangan
KET.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.
34.
35.
36.
37.
38.
39.
40.
Tanwir
Mohd. Zadsan Asram
Ayu Ulfiah Azis
Astina Akkas
Cahaya Mentari
Nadha Nahda
Nia Kurnia
Rezky Wahyuni
Jumriah
Jumriani
Jusma Wahidah
Muh. Sarif
Mustam
Atika
Sitti Hajar
Nindar
Huuriyah
Saraswati
Andi Nurul Ramadhani
Andi Jumrah
Nurul Syuhadah
Putri Diana
Sri Ayu Wandira
Adinda Safitri
Fachry Setyadi Samad
Yunita
Herlina
Esse
Andis Sanjaya
Sardi
Arjuna
Haris Munandar
Nur Hamini
Yhumin Fatin
Firman
Fatahuddin Al Fatta
Syahrir A.
Abd Latif
Irma
Titin Sry Mulyana
1.
                        2.
3.
                        4.
5.
                        6.
7.
                        8.
9.
                        10.
11.
                        12.
13.
                        14.
15.
                        16.
17.
                        18.
19.
                        20.
21.
                        22.
23.
                        24.
25.
                        26.
27.
                        28.
29.
                        30.
31.
                        32.
33.
                        34.
35.
                        36.
37.
                        38.
39.
                        40.










Lampiran 5
TATA TERTIB
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN(LDK)
SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

1. Peserta adalah Pengurus OSIS, MPK dan Siswa/wi SMA Negeri 2 Panca rijang
2. Setiap peserta harus berada di tempat kegiatan 15 menit sebelum acara di mulai.
3. Setiap peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan jadwal   yang telah ditetapkan.
4. Setiap peserta wajib menjaga ketentraman, ketenangan, sopan santun/etika dan tatakrama selama kegiatan berlangsung.
5. Setiap peserta tidak diperkenankan meninggalkan tempat tanpa seijin panitia selama acara berlangsung.
6. Peserta wajib memakai atribut (jas almamater dan tanda peserta) selama kegiatan berlangsung.
 7.  Peserta dilarang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan norma/aturan yang berlaku bagi seorang       Siswa/wi selama kegiatan berlangsung atau selama peserta  berada di lokasi kegiatan.
8. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan melapor terlebih dahulu kepada panitia.
9. Setelah selesai menerima materi, peserta diharapkan membuat ikhtisar atau ringkasan materi untuk dijadikan bahan penilaian, sampai dimana keberhasilan peserta mengikuti LDK.
10. Peserta yang melanggar tata tertib ini akan dikenakan sangsi sesuai dengan jenis pelanggarannya.
11. Hal – hal yang belum tercantum dalam ketentuan tata tertib ini akan diatur kemudian.

Catatan :
Hari  Senin - Rabu    : Putih Abu-abu
Peserta harus memakai pakaian yang rapi


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH Jadwal Kegiatan LDK OSIS

JADWAL KEGIATAN LATIHAN DASAR KEPEMIMIPNAN(LDK) OSIS SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG                                                                                                                                                                                                          No Hari/Tanggal Waktu Materi Narasumber Pendamping 1. Kamis 14 Juni 2012 08.00-09.00 09.00-09.30 09.30-12.00 12.00-12.30 12.30-14.00 14.00-15.30 15.30-15.45 15.45-17.00 Pembukaan Penyampaian Tata Tertib Metode Persidangan ISHOMA/KULTUM Istirahat Ketauhidan Shalat Ashar Kepemimpinan - M.O.T/Panitia Nursin, S.Pd, M.Pd instruktur Ass.Instra Ustad Imran Imamah/Ass. Kepala Dinas Pendidikan Ka.Sidrap Peserta/Panitia Peserta/Panitia Panitia Panitia Peserta Panitia Peserta Peserta 2. Jum’at 15 Juni 2012 07.00-07.30 07.30-09.00 09.00-11.30 11.30-13.00

CONTOH SURAT UNDANGAN LDK OSIS

                   PEMERINTAH KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG DINAS PENDIDIKAN                                                  SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG                                    Jl. Lasinrang No.94 Telp. 0421-93387 Rappang Kode Pos 91651                                                                                                                                                       Ahad, 25 Mei 2014 Nomor               :    003/OSIS SMAN 2 PR/2014                                                    Perihal               :    Undangan Pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan(LDK) Lampiran           :  Jadwal Kegiatan     Kepada Yth. Ustad Sudarman, S.Pdi     Di,-     Tempat Asslamu alaikum warahmatullahi wabarakatu Dengan hormat,      Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Saw.     Sehubungan akan dilaksanakanya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) SMA Negeri 2 Panca Rijang Tahun Pelajaran 20